9 Ide Promo Penjualan Menarik, Omzet dan Laba Bisnis Meroket!

Dalam dunia bisnis, promo penjualan adalah strategi yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan menarik perhatian pelanggan. Di era digital ini, perilaku konsumen telah banyak berubah. Konsumen kini lebih kritis dan memiliki banyak pilihan, sehingga bisnis perlu menggunakan strategi promosi yang kreatif dan inovatif. 

Berbagai ide promo penjualan kreatif yang dapat diterapkan oleh bisnis di era digital untuk meningkatkan penjualan, baik melalui media sosial, penawaran diskon khusus, dan lainnya. Dengan bermodal sedikit kreativitas dan strategi marketing yang cerdas, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda sehingga dikenal lebih luas dan tingkat penjualan meningkat. Mari simak beberapa ide promo penjualan menarik dan rendah biaya yang hasilnya dapat menaikkan omzet dan laba bisnis.

Mengapa Promosi Penjualan kepada Pelanggan itu Diperlukan?

1. Mempertahankan Pelanggan

Promosi menjaga keterlibatan dan kebahagiaan pelanggan setia Anda. Dengan demikian, pelanggan mendapatkan lebih banyak produk unggulan dan Anda mendapatkan loyalitas mereka, ini menciptakan situasi yang saling menguntungkan.

2. Menarik Pelanggan Baru

Penawaran menarik dapat mengundang pelanggan baru, yang berpotensi menjadi pelanggan tetap dan meningkatkan brand awareness. Penjualan juga bisa menarik bagi pelanggan yang sadar anggaran atau membantu meyakinkan mereka yang sebelumnya ragu untuk membeli.

3. Meningkatkan Keuntungan

Efek FOMO (Fear of Missing Out) dapat meningkatkan penjualan, memungkinkan Anda memperoleh lebih banyak keuntungan daripada biasanya.

4. Mengaktifkan Pelanggan yang Tidak Aktif

Apakah ada pelanggan yang sudah lama tidak membeli produk dari Anda? Promosi bisa menjadi cara untuk mengaktifkan kembali minat mereka.

5. Menciptakan Permintaan untuk Produk atau Layanan Baru

Penjualan tidak hanya membantu mengosongkan inventaris tetapi juga menarik minat pelanggan terhadap produk baru. Diskon berbatas waktu dapat menciptakan minat dan perhatian terhadap layanan atau produk yang baru Anda luncurkan.

Ide Promo Penjualan Kreatif yang Bisa Menaikkan Omzet dan Laba Bisnis

1. Giveaway dan Content Challenge di Media Sosial

promo penjualan
Sumber: Freepik

Terdapat banyak cara kreatif untuk menggunakan media sosial dalam meningkatkan penjualan. Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat giveaway untuk berinteraksi dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Tidak hanya membantu meningkatkan brand awareness, acara giveaway menjadi cara efektif menarik pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda. 

Selain giveaway, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membuat perlombaan konten buatan followers. Ajak followers Anda untuk memposting foto atau video menarik saat menggunakan produk atau layanan Anda. Bagi pemenang konten kreatif, biasanya akan dihadiahi berupa voucher belanja atau lainnya. 

Tentunya ide promo bisnis melalui media sosial tidak hanya hemat biaya, namun juga membantu membangun kepercayaan dengan calon pelanggan. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat memanfaatkan platform media sosial untuk menggaet lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

2. Sebarkan Sampel Gratis/Uji Coba Gratis

Siapa orang yang tidak suka dengan barang gratis? Entah itu sampel produk gratis atau uji coba gratis, setiap orang pasti senang mendapatkannya dengan cuma-cuma. Tentu saja, hal ini dapat memberikan pengalaman pertama kepada pelanggan dengan sampel/uji coba gratis untuk mengenal tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.

3. Flash Sale atau Penjualan Kilat

Flash sale merupakan salah satu ide promo penjualan melalui e-commerce bagi pelaku bisnis yang ingin menargetkan keputusan pembelian impulsif para pelanggan. Penjualan kilat ini biasanya berlangsung dalam beberapa jam atau hari dan biasanya menjadi incaran bagi orang-orang yang berbelanja dengan budget terbatas karena biasanya disertai diskon yang cukup besar. Selain itu, fear of missing out (FOMO) sering kali menjadi godaan bagi pelanggan yang ingin segera memiliki produk tertentu.

4. Tawarkan Paket Produk

Bagi kebanyakan orang, mendapatkan satu item produk dengan harga diskon tentunya hal yang sangat diinginkan. Namun yang menarik lagi adalah membeli dua produk dengan harga diskon tentunya sangat menarik. Menawarkan paket produk sangat efektif, terutama untuk barang-barang yang biasanya dibeli bersama-sama dan digabungkan. Oleh karena itu, paket produk dengan harga yang jauh lebih murah bila membeli satuannya, menjadi pertimbangan penting bagi pelanggan.

5. Berikan Diskon Berlangganan

promo penjualan
Sumber: Freepik

Untuk memotivasi lebih banyak pelanggan yang akan berlangganan layanan Anda, cobalah berikan penawaran diskon berlangganan. Dengan menerapkan taktik promo penjualan ini berarti, misalnya, pelanggan yang tidak berlangganan akan membayar harga penuh, sementara pelanggan yang subscribe layanan Anda akan menerima diskon khusus dan penawaran eksklusif lainnya. 

6. Cashback Promotion 

Terdengar cukup menarik bukan, saat melakukan pembelian produk atau layanan dan membayarnya, pembeli akan mendapatkan kembali sebagian uang yang dibelanjakan. Promosi uang kembali atau cashback promotion bertujuan untuk memberi insentif kepada pelanggan agar bersedia melakukan pembelian karena sebagian uang mereka akan kembali. Pembelian produk dengan cashback ini biasanya melalui poin belanja, uang tunai, dan lainnya yang bisa digunakan kembali untuk berbelanja. 

7. Beli Sekarang, Bayar Nanti (Buy Now, Pay Later)

KIta semua tentu pernah mengalami, benar-benar ingin membeli sesuatu namun tidak mampu membeli saat itu juga. Di sinilah ada satu ide promo penjualan “beli sekarang, bayar nanti” yang memudahkan calon pembeli. Promo ini memungkinkan pelanggan untuk membayar produk yang dibeli dengan cara dicicil, misalnya setiap satu minggu sekali atau satu bulan sekali tergantung jangka waktu yang ditentukan. Promo buy now, pay later cukup menarik bagi banyak orang yang memberikan keleluasaan kepada pelanggan. 

8. Buy One, Get One (BOGO)

Taktik promosi penjualan yang populer selanjutnya adalah beli satu, gratis satu. Ketika pelanggan membeli suatu produk atau layanan, mereka dapat penawaran lainnya secara gratis atau diskon. Strategi upsell ini mungkin terlihat jika Anda menjual lebih banyak tetapi mendapatkan hasil penjualan yang lebih sedikit. Namun, karena ada lebih banyak orang yang membeli produk, keuntungan Anda masih bisa meningkat.

9. Promosi Gratis Ongkos Kirim

Pelaku e-commerce harus memahami bahwa penawaran gratis ongkos pengiriman dapat menjadi strategi efektif untuk menaikkan omzet penjualan. Sebagian besar pelanggan memutuskan untuk melakukan pembelian karena adanya penawaran gratis ongkos kirim (ongkir). Sebaliknya, biaya pengiriman yang terlalu mahal, sering kali menjadi alasan bagi calon pembeli untuk membatalkan keranjang belanja produk yang akan dibeli, dan lebih memilih berbelanja di toko online lainnya. 

Tingkatkan Penjualan Anda Bersama Borong Indonesia

Di era digital seperti sekarang ini, setiap pelaku bisnis di dunia e-commerce perlu mempelajari berbagai ide promosi penjualan yang menarik agar omzet meroket. Mengapa demikian? Pertama, semua pelaku bisnis online saat ini melakukannya supaya bisnis semakin berkembang dan mampu menarik cukup banyak pelanggan. Kedua, persaingan yang semakin ketat memaksa setiap pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam menarik perhatian konsumen. Ketiga, ide promosi yang inovatif dapat meningkatkan loyalitas pelanggan serta membantu menciptakan pengalaman berbelanja yang unik dan menyenangkan. Oleh karena itu, mempelajari dan menerapkan ide-ide promosi penjualan yang efektif menjadi kunci sukses dalam bisnis e-commerce. 

Banyaknya pilihan program promosi penjualan, membuat Anda memiliki banyak opsi program yang bisa dipilih sesuai kondisi dan kebutuhan bisnis, misalnya dengan promosi harga diskon, barang gratis, dan ongkos kirim. Untuk mempermudah Anda mengadakan promo penjualan menarik yang akan meningkatkan penjualan sekaligus omzet bisnis, Borong Direct dari Borong Indonesia hadir sebagai platform multiguna yang mengintegrasikan berbagai proses bisnis mulai dari Order Management, Promotion, hingga Finance Management.

Optimalkan penjualan produk atau layanan bisnis Anda dengan menggunakan Borong Direct. Dalam satu aplikasi, Anda bisa memantau informasi promo, informasi pengiriman, dan riwayat pembayaran customer secara real time dan otomatis. Fitur Borong Direct bisa membantu Anda lebih mudah memberikan skema promo dan diskon untuk pelanggan setia. Dengan fitur Promotion ini, distributor atau retailer dapat dengan mudah membuat, mengelola, dan melacak skema promosi dan diskon secara efisien. Fitur ini memungkinkan distributor dan retailer untuk menarik lebih banyak perhatian pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Ingin membuat skema promo yang menarik agar pelanggan Anda semakin setia? Yuk, segera ambil langkah awal menuju kemajuan bisnis yang lebih optimal dan menguntungkan. Anda dapat berkonsultasi secara gratis dengan salah satu spesialis kami dan menikmati penawaran demo personalisasi platform Borong dengan klik di sini

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts