Strategi Mendorong Repeat Order melalui Customer Loyalty Program

Salah satu objektif yang dimiliki bisnis adalah terjadinya repeat order dari pelanggan, yang menjadi salah satu tanda bahwa produk yang dibeli dapat memberikan kepuasan. Dalam keberlanjutan bisnis, pembelian berulang ini wajib diupayakan, dan merupakan hasil dari serangkaian upaya strategis dari bisnis itu sendiri.

Secara sederhana, repeat order dapat didefinisikan sebagai perilaku pelanggan yang melakukan pembelian berulang pada sebuah produk yang sama, karena sudah muncul kepercayaan dengan toko, brand, atau produk tersebut.

Upaya nyata yang dapat dilakukan misalnya dengan menerapkan program loyalitas pelanggan. Tujuannya untuk menumbuhkan motivasi untuk pembelian kembali, dan memperoleh benefit dari penawaran yang diberikan. Bahasan terkait repeat order dan optimasi program loyalitas kemudian dapat dicermati di beberapa poin berikut ini.

Baca Juga: Katalog Digital: Solusi Efektif Meningkatkan Penjualan Dan Efisiensi Bisnis Di Era Digital

Pentingnya Repeat Order dalam Bisnis

Repeat order
Sumber: armmypicca via freepik.com

Ada setidaknya lima alasan kenapa repeat order menjadi penting dalam bisnis. Kelimanya dijelaskan dalam masing-masing poin berikut ini.

1. Meningkatkan Customer Lifetime Value

Biasa disebut dengan CLTV, yakni nilai pelanggan bagi bisnis. Pelanggan yang melakukan repeat order secara terus menerus akan bernilai lebih besar, karena dapat menjadi salah satu pemasukan stabil yang didapatkan bisnis.

Dengan pelanggan yang terus melakukan pembelian berulang bisnis juga akan memiliki aliran penjualan yang lancar, dan menjadi pondasi kuat untuk operasional dan pengembangan produk.

2. Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan

Biaya akuisisi pelanggan menjadi salah satu pos pengeluaran yang memerlukan anggaran besar. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, maka biaya ini akan tereduksi seiring berjalannya waktu. Alih-alih mencari pelanggan baru, biaya yang diperlukan untuk mempertahankan pelanggan lama akan jauh lebih ekonomis.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Repeat order menjadi salah satu tanda pelanggan telah memiliki loyalitas pada produk atau brand yang Anda jual. Dengan program loyalitas yang direncanakan dengan baik, kesetiaan pelanggan akan terus tumbuh karena merasa dihargai dan akan mendapatkan benefit setelah melakukan transaksi.

Selain mendapatkan manfaat dari produk yang dibeli, pelanggan juga dapat memperoleh keuntungan lain dari program ini.

4. Word-of-Mouth Marketing

Terdengar sebagai konsep yang sederhana, tetapi  jika benar-benar berjalan secara organik akan memberikan keuntungan besar pada perusahaan. Pelanggan yang merasa puas akan merekomendasikan produk pada lingkaran terdekatnya, sehingga meningkatkan akuisisi pelanggan tanpa biaya tambahan.

Rekomendasi seseorang pada orang lain, atau komunitas, membantu promosi yang diperlukan agar produk diketahui lebih banyak orang.

5. Meningkatkan Profitabilitas

Secara praktis adanya pembelian berulang akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Perusahaan akan memperoleh catatan penjualan yang lebih tinggi, dan pendapatan secara umum akan turut meningkat.

4 Jenis Customer Loyalty Program

Repeat order
Sumber: rawpixel.com via freepik.com

Setelah mengetahui lima alasan mengapa repeat order penting dalam bisnis, kini Anda dapat mencermati apa saja opsi program loyalitas pelanggan yang dapat menjadi inspirasi agar hal tersebut tercapai.

  • Pertama, program berbasis poin. Dalam program ini, pelanggan akan mengumpulkan poin untuk setiap pembelian yang dilakukan. Poin ini kemudian akan dapat ditukarkan dengan hadiah atau potongan harga, atau jenis benefit lainnya.
  • Kedua, program tiered. Program ini akan memberikan pelanggan kesempatan untuk naik tingkat berdasarkan jumlah pembelian atau aktivitas lain yang dimasukkan dalam transaksi. Masing-masing tingkat memiliki keuntungan yang berbeda, dan semakin besar value-nya pada tingkat yang lebih tinggi.
  • Ketiga, program berbayar. Pada dasarnya program ini memberikan benefit dalam bentuk yang cukup beragam dengan membayar biaya keanggotaan atau berlangganan. Benefit-nya mulai dari pengiriman gratis, manfaat eksklusif khusus anggota, diskon khusus, hingga undangan untuk acara tertentu.
  • Keempat, program berbasis nilai. Program ini akan memberikan nilai tambah pada pelanggan yang melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. Nilai tambah yang dimaksud dapat berbentuk akses awal ke produk baru, layanan pelanggan prioritas, hingga pengalaman eksklusif dari brand atau perusahaan.

Langkah Penyusunan Program Loyalitas Pelanggan

Repeat order
Sumber: pressfoto via freepik.com

Untuk dapat menghasilkan tujuan akhir berupa repeat order, maka penyusunan program loyalitas pelanggan harus dilakukan dengan cermat. Setidaknya pada tahap konsep, program wajib dibuat seideal mungkin untuk mendapatkan gambaran umum jika program berjalan dengan baik.

Langkahnya sendiri secara umum adalah sebagai berikut.

  • Tentukan tujuan program. Apa yang ingin dicapai harus diketahui, sehingga langkah berikutnya akan berorientasi dan fokus pada tujuan akhir ini. Dalam konteks ini, tujuan program loyalitas dapat difokuskan pada repeat order yang semakin banyak jumlahnya.
  • Petakan target atau sasaran dari program ini. Buat profil pelanggan ideal untuk mengetahui lebih jauh preferensi yang dimiliki dan apa hal yang menurut segmen ini memiliki value tinggi.
  • Pilih jenis program loyalitas pelanggan yang sesuai dengan tujuan dan target campaign ini. Cermat dalam memilih program akan memberikan dampak signifikan pada hasil akhir program yang disusun dan dilaksanakan.
  • Buat struktur reward yang menarik sehingga dapat membuat banyak pelanggan turut dalam program. Daya tarik dapat dimunculkan dalam bentuk hadiah atau benefit yang relevan, dan bernilai bagi pelanggan.
  • Lakukan promosi dan sosialisasi pada program loyalitas yang dibuat ini agar semakin banyak orang yang tahu tentang program tersebut. Semakin banyak orang yang tahu, semakin baik, karena akan meningkatkan potensi partisipasi yang ada di pasar.
  • Lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui tingkat pencapaian KPI program, dan perbaiki bagian yang dirasa kurang menunjukkan hasil optimal.

Beberapa Contoh Customer Loyalty Program dengan Tujuan Repeat Order

Repeat order
Sumber: creativaimages via freepik.com

Tidak sedikit brand besar yang berhasil melaksanakan program loyalitas pelanggannya dan memperoleh hasil repeat order yang terus meningkat.

Misalnya saja Starbucks Rewards. Program ini berbasis poin, dan menawarkan minuman gratis, potongan harga, atau penawaran khusus lainnya untuk pelanggan yang memiliki poin dalam jumlah tertentu. Poin akan didapatkan setiap transaksi yang dilakukan pelanggan, baik pembelian makanan dan minuman atau merchandise Starbucks secara global.

Kemudian contoh lain adalah Sephora Beauty Insider. Program ini mengambil jenis tiered yang memberikan benefit berupa akses awal ke produk-produk terbaru, kemudian diskon khusus pelanggan, dan undangan pada acara-acara khusus yang berhasil menarik ceruk pasar dengan karakter spesifik.

Contoh ketiga adalah program berlangganan dari Amazon Prima atau layanan sejenis lainnya. Secara umum program yang diberlakukan adalah benefit pengiriman gratis, streaming video dan konten eksklusif, hingga berbagai manfaat lain yang membuat pelanggannya rela membayar sejumlah rupiah.

Terakhir adalah The North Face VIPeack atau kini dikenal dengan XPLR Pass, yakni program berbasis nilai yang memberikan benefit berupa akses awal ke produk baru, diskon khusus pelanggan, dan undangan ke berbagai acara eksklusif yang diadakan secara reguler.

Baca Juga: 7 Strategi Promosi Terampuh & Hemat Budget Untuk UMKM

Satu hal yang menyamakan program dari brand besar tersebut adalah tujuannya, yakni untuk menimbulkan repeat order dari pelanggan yang mereka miliki. Rasa puas yang didukung dengan iming-iming berbagai benefit rasanya kombinasi sempurna untuk terus mendapatkan penjualan yang stabil, dan memiliki prospek jangka panjang yang menjanjikan.

Perencanaan dan eksekusi yang matang jelas diperlukan agar tujuan akhir berupa repeat order benar-benar tercapai di angka yang diinginkan. Selain itu, langkah strategis lain yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah dukungan dari layanan solid, seperti yang disediakan oleh Borong Indonesia melalui Borong Direct. Borong Direct menawarkan fitur yang menggiurkan untuk Anda sebagai pebisnis, sehingga dapat mengelola program loyalitas pelanggan untuk mendorong repeat order. Dengan fitur yang tersedia, Anda dapat memberikan akses ke harga dan promosi khusus untuk pelanggan setia yang Anda miliki. Terintegrasi, solid, dan mudah digunakan, Borong Indonesia senantiasa menghadirkan solusi efektif untuk setiap keperluan bisnis yang Anda miliki. Ajukan percobaan gratis di sini, dan rasakan secara langsung kemudahan yang kami tawarkan!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts