9 Elemen Bisnis Model Canvas, dan Optimasinya dengan SEO

Perencanaan yang matang dan detail pada saat menjalankan bisnis menjadi salah satu pondasi utama dalam industri. Untuk itu, memahami apa yang disebut dengan bisnis model canvas menjadi penting, sehingga Anda sebagai pebisnis memiliki gambaran jelas mengenai bagaimana bisnis akan dijalankan..

Secara umum, bisnis model canvas adalah strategi manajemen yang disusun untuk menjabarkan ide bisnis dan konsep ke bentuk visual yang mudah dipahami. Nantinya, bentuk nyata dari hal ini adalah kerangka manajemen yang memudahkan seseorang melihat gambaran besar ide bisnis dan realisasinya di waktu aktual.

Di era modern, kemudian konsep ini juga dipadukan dengan upaya optimasi di mesin pencarian, atau search engine optimization untuk meningkatkan visibilitas bisnis di ranah digital. Seperti yang Anda pahami, pergerakan bisnis secara riil dan secara digital sama pentingnya sebab era sudah benar-benar berubah dan ‘keberadaan’ bisnis di dunia maya sama pentingnya dengan di dunia nyata.

Baca juga: Apa itu DMS? Simak untuk Mengoptimalkan Distribusi Bisnis

Lebih Lanjut tentang Bisnis Model Canvas atau BMC

Bisnis model canvas
Sumber: tirachardz via freepik.com

Secara umum istilah ini juga dikenal dengan business model canvas, yang merujuk pada tools dalam strategi manajemen untuk membantu menerjemahkan konsep bisnis, pasar yang disasar, infrastruktur bisnis, hingga manajemen keuangan dari sebuah perusahaan dalam bentuk visual yang mudah dipahami.

Elemen visual ini nantinya akan menggambarkan masing-masing konsep yang saling terhubung lengkap dengan hierarkinya, sehingga pemahaman pada bagaimana bisnis akan dijalankan dapat didapatkan dalam waktu singkat tanpa penjelasan yang terlalu panjang.

Dalam BMC, terdapat elemen-elemen yang menjadi titik penyusunnya. Elemen ini akan saling terkait dengan hubungan yang jelas, sehingga dapat dioptimalkan secara mandiri dan memberikan dampak secara menyeluruh.

9 Elemen BMC

Secara singkat penjelasan kesembilan elemen utama dalam BMC adalah sebagai berikut.

  1. Segmentasi konsumen adalah tentang siapa yang menjadi target bisnis, atau kelompok pelanggan yang berpotensi membeli produk.
  2. Proposisi nilai konsumen, yakni manfaat yang ditawarkan pada pelanggan melalui produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.
  3. Saluran adalah media interaksi antara bisnis dan pelanggannya untuk menyampaikan produk. Pada konteks ini, SEO menjadi penting untuk membantu bisnis tampak dan mudah ditemukan di area digital.
  4. Hubungan konsumen, tentukan bagaimana bisnis akan berinteraksi dengan pelanggan. Gunakan cara yang tepat, dan jaga agar hubungan ini tetap baik sehingga konsumen menjadi loyal.
  5. Sumber pendapatan, elemen kelima menggambarkan sumber pendapatan bisnis yang Anda miliki sehingga diketahui juga cara pengelolaannya agar optimal.
  6. Sumber daya, menggambarkan sumber daya dari perusahaan yang Anda miliki untuk mewujudkan proposisi nilai konsumen yang diberikan pada pasar.
  7. Aktivitas yang dijalankan, adalah elemen yang menggambarkan semua aktivitas terkait dengan bisnis. Setiap aktivitas ini akan mengarah pada value proposition perusahaan.
  8. Kerja sama, berisi elemen tentang sumber daya di luar perusahaan yang diperlukan untuk melakukan.aktivitas yang diperlukan. Poin ini akan memuat daftar supplier, mitra bisnis, atau pihak lain yang mendukung kegiatan bisnis.
  9. Struktur biaya, adalah elemen kesembilan yang mencakup pemerataan biaya untuk operasional bisnis sesuai dengan rencana yang sudah dimiliki.

Keunggulan BMC

Pada dasarnya, keberadaan BMC ini akan memberikan gambaran model bisnis secara holistik. Penjelasan masing-masing elemen dan gambaran kaitannya satu dengan yang lain membuat Anda dapat berpikir lebih sistematis, dan memahami dengan baik bisnis yang akan dijalankan.

Setiap elemen akan terkait dengan elemen lain, sehingga mudah untuk pebisnis melihat elemen apa yang masih perlu ditingkatkan, dan elemen mana yang memberikan kinerja paling optimal. Dengan demikian, evaluasi yang dilakukan juga akan semakin baik, sehingga bisnis dapat terus berkembang berdasarkan apa yang telah dialami dan kesempatan yang ada di industri.

Dari penjelasan ini kemudian BMC juga menawarkan beberapa benefit jika dibandingkan dengan model perencanaan bisnis yang lain.

  • Pertama, BMC lebih fokus untuk bisnis mencapai apa yang menjadi tujuannya. Memahami hubungan setiap elemen yang ada akan membantu Anda mengidentifikasi hambatan dengan cepat, menyelesaikannya, dan mencapai tujuan dengan efektif.
  • Kedua, kecepatan dan kelincahan. Karena BMC berprinsip pada konsentrasi kualitas daripada kuantitas,  Anda dapat memasukkan setiap aspek pada kesembilan elemennya. Dengan demikian, pertimbangan yang diambil akan semakin cepat dan efektif, sehingga bisnis dapat bergerak lincah berdasarkan data yang dimiliki.
  • Ketiga, mudah dipahami. BMC menggunakan bahasa yang umum digunakan untuk mengartikulasikan konsep bisnis yang dimiliki dan dijalankan. Digambarkan dengan jelas, setiap bagian dari bisnis Anda dapat memahami apa tugas yang harus dilakukan, dan bagaimana cara melakukannya dengan optimal.

4 Manfaat Utama Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas
Sumber: pressfoto via freepik.com

Setelah melihat perbandingan antara BMC dan model perencanaan bisnis lain, Anda akan memperoleh penjelasan mengenai empat manfaat utama yang dibawa model ini pada bisnis yang Anda miliki. 

1. Kejelasan dan Fokus

Penggunaan BMC membantu bisnis secara efektif mengidentifikasi proposisi nilai yang unik, sehingga memudahkan produk dikenali pasar. Selain itu, Anda juga dapat menentukan segmen pelanggan dengan tepat, yang berarti upaya pemasaran akan dilakukan dengan lebih efisien.

Gambaran pada bisnis secara keseluruhan membantu proses perancangan strategi yang selaras dengan tujuan bisnis. Dengan demikian setiap langkah dan aktivitas yang dilakukan dapat benar-benar berorientasi pada apa yang menjadi target utama.

2. Inovasi dan Adaptasi

Anda juga dapat dengan mudah memberikan stimulus pada pemikiran kreatif dan eksplorasi pada peluang baru. Berbagai hipotesis yang muncul terkait bisnis akan dapat diuji dalam waktu yang singkat, sehingga setiap proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat.

Kemudahan pada inovasi ini akan membawa benefit pada kemampuan bisnis dalam beradaptasi dengan kondisi yang dihadapi. Bisnis akan menjadi fleksibel, sehingga mudah memanfaatkan peluang yang hadir dan mengatasi tantangan yang datang.

3. Kolaborasi dan Komunikasi

Tersedianya kerangka kerja yang jelas akan membawa banyak kemudahan pada proses kerja di setiap tim. Masing-masing departemen dan divisi akan dapat berkomunikasi dengan lugas dan efektif, sehingga tidak ada waktu yang terbuang karena munculnya kesalahpahaman atau kesalahan dalam koordinasi.

Dengan demikian, tim yang Anda miliki dapat berkolaborasi dan berkomunikasi dengan jauh lebih baik dari waktu ke waktu, dan sumber daya yang dimiliki akan dapat berfokus pada pencapaian target.

4. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Pemahaman pada tampilan data dalam bentuk visual tentu lebih efektif jika dibandingkan data dalam bentuk uraian panjang. Pemahaman yang cepat ini membawa pada proses pencernaan informasi, pertimbangan, dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Anda akan dapat mengidentifikasi risiko dan peluang yang muncul dalam waktu singkat dengan akurasi yang terjaga. Pengambilan keputusan berdasarkan data yang dimiliki dapat dibuat dalam waktu relatif cepat, sehingga perusahaan dapat bergerak efektif dari waktu ke waktu.

Baca juga: Customer Journey Mapping untuk Meningkatkan Konversi: Panduan Lengkap bagi Bisnis

Penerapan Bisnis Model Canvas untuk SEO

Bisnis model canvas
Sumber: ijeab via freepik.com

BMC dan SEO memiliki hubungan yang cukup erat. Pasalnya, BMC akan menyediakan gambaran besar mengenai apa yang dilakukan sebuah bisnis, dan bagaimana cara melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan.

SEO di sisi lain berada dalam posisi sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, SEO adalah upaya praktis dalam mengeksekusi apa yang ada di dalam BMC.

Pemetaan tujuan dan metode yang ada pada BMC kemudian diterjemahkan menjadi upaya nyata dalam upaya SEO untuk memperoleh visibilitas lebih baik di dunia digital. Visibilitas ini akan banyak berguna untuk bisnis, sebab dapat menjadi cara efektif menyampaikan pesan terkait perusahaan, proposisi nilai konsumen, berbagai promo, dan mengarahkan pelanggan untuk mengakses website resmi perusahaan sebagai kanal komunikasi dan menjalin hubungan dengan bisnis.

Pada dasarnya, SEO akan berperan sebagai upaya pemantik interaksi antara pelanggan dan bisnis melalui usaha-usaha yang dilakukan secara praktis.

Search Engine Optimization dalam BMC

Beberapa upaya akan dilakukan untuk penerapan SEO dalam konteks BMC ini. Pertama, tentu melakukan identifikasi pada kata kunci yang relevan pada setiap elemen BMC. Hasil riset ini kemudian diolah sedemikian rupa sehingga dapat dimasukkan ke dalam website dari perusahaan.

Selanjutnya, proses integrasi kata kunci pada konten website akan dilakukan, baik dalam bentuk tampilan, konten utama terkait produk dan layanan, hingga konten blog yang dapat memberikan banyak informasi tentang berbagai topik yang terkait dengan produk. Dari pos-pos inilah kemudian SEO akan membawa manfaat besar bagi perusahaan, sebagai salah satu elemen dalam bisnis model canvas.

Lebih lanjut, value yang sudah dipetakan dalam BMC juga dapat dimaksimalkan untuk membangun sebuah website yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, website menjadi solutif dan memberikan kenyamanan pada pelanggan, sekaligus menyediakan kanal berkomunikasi dengan perusahaan yang ideal.

Contoh Singkat Bisnis Model Canvas dari Indomaret

Bisnis model canvas
Sumber: donidas via freepik.com

Contoh yang cukup mudah dilihat pada industri retail adalah Indomart. Bisnis ini secara jelas memiliki target utama masyarakat luas dengan pendapatan menengah ke bawah. Value proposition-nya berupa menyediakan berbagai kebutuhan harian di titik yang strategis, dengan harga terjangkau dan layanan yang memudahkan pelanggan.

Indomaret juga memiliki supply chain yang jelas dan jadwal restock yang dikelola dengan baik. Bergerak tidak hanya di dunia nyata namun juga ranah digital, upaya pemasaran yang dilakukan diwujudkan dalam bentuk yang sederhana namun efisien untuk memberikan informasi terkait kebutuhan pelanggannya.

Meski tak secara praktis memaksimalkan upaya pada SEO,  media sosial yang mereka kelola cukup efektif menyebarkan informasi terkait promo, layanan, dan produk yang ditawarkan.

Baca juga:  Strategi Pemasaran 4P di Era Digital: Adaptasi dan Inovasi

Penjelasan mengenai bisnis model canvas di atas semoga dapat menjadi sebuah bacaan yang memberikan insight berguna untuk Anda terapkan pada bisnis atau perusahaan yang Anda miliki. Perencanaan dan analisis pada setiap elemen yang ada di dalamnya akan menjadi kunci agar bisnis dapat berkembang dengan baik, untuk menghadapi berbagai tantangan dan memanfaatkan kesempatan yang tersedia di industri.

Bersamaan dengan informasi di atas, artikel ini juga membawa penawaran pada optimasi proses bisnis yang Anda miliki. Borong Indonesia menawarkan produk Borong Direct yang dapat membantu aktivitas bisnis Anda di sektor digital. Anda dapat mengoptimalkan elemen dalam bisnis model canvas yang Anda miliki dengan kustomisasi domain, sehingga dapat disesuaikan dengan upaya SEO yang dilakukan. 

Selain itu Borong Direct juga memiliki fitur multiguna, di mana bisnis yang dijalankan dapat memperoleh kemudahan pada marketplace, online store, web POS, hingga sistem pengadaan yang terintegrasi. Sistem yang solid dan operasional yang mudah, ajukan percobaan gratis sekarang untuk merasakan langsung apa yang ditawarkan Borong indonesia untuk Anda!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts