Strategi Efektif Menjangkau dan Memenangkan Target Pasar Era Digital

Perubahan yang terjadi di era kekinian menuntut pengusaha untuk terus beradaptasi. Pemahaman yang mendalam terkait bagaimana pasar dan industri bekerja menjadi hal mendasar, sehingga perusahaan dapat menentukan target pasar yang tepat untuk bisnisnya.

Peralihan dari model pemasaran tradisional ke model pemasaran digital tidak lagi dapat ditunda, jika bisnis yang Anda miliki ingin tetap bersaing dengan kompetitor yang ada. Tanpa adanya kemauan untuk terus menyesuaikan diri dan berkembang bisnis dapat tergerus keadaan dan lambat laun meredup.

Target pasar, di era digital ini, dipahami sebagai sebuah konsep yang cukup kompleks, lengkap dengan segala bentuk tantangan dan peluang yang muncul bersamaan dengannya. Maka dari itu, artikel ini akan mencoba menguraikan apa saja tantangan dan peluang yang muncul dari konsep target pasar di era digital.

Baca juga: Strategi Field Sales Efektif untuk Meningkatkan Penjualan di Era Digital

Perubahan Terkait Target Pasar

Era digital membuat perusahaan menghadapi tantangan baru, berupa metode interaksi dengan pasar dan pelanggan, cara pemasaran, hingga cara pelanggan melakukan pembelian. Sedikit banyak hal ini akan membuat dinamika target pasar juga berubah, dan menuntut pemetaan ulang dari perusahaan.

Untuk dapat memperoleh segmentasi pasar yang jelas, perusahaan perlu melakukan langkah-langkah strategis yang direncanakan dan terukur dengan baik. Dengan demikian, aktivitas pemasaran yang dilakukan tetap memiliki poin yang tajam, dan dapat merengkuh target pasar sesuai dengan tujuan awal aktivitas ini dilakukan.

Pahami Target Pasar dari Perusahaan

target pasar
Sumber: tapati2528 via freepik.com

Untuk dapat memperoleh pemahaman mendalam terkait dengan target pasar perusahaan yang Anda miliki, terdapat dua langkah utama yang idealnya dilakukan. Pertama adalah melakukan riset dan analisis target pasar, dan yang kedua melakukan segmentasi pasar.

1. Riset dan Analisis Target Pasar

Pengumpulan data akan dilakukan oleh tim riset, terkait dengan pemetaan demografi, minat, dan perilaku dari target pasar yang Anda miliki. Dalam prosesnya, aktivitas riset akan melibatkan berbagai alat bantu analisis pada data yang diperoleh untuk mendapatkan insight mendalam mengenai pasar yang ingin dituju.

Setelah semua data terkumpul, Anda dapat membuat persona target pasar untuk mendapatkan gambaran lebih jelas tentang apa kebutuhan yang target ini miliki, motivasi yang ada di dalam dirinya, dan pendekatan apa yang kira-kira sesuai dengan karakter tersebut.

2. Segmentasi Pasar

Lakukan pembagian target pasar ke dalam beberapa kelompok lebih kecil berdasarkan kategori atau karakteristik tertentu. Kemudian, sesuaikan strategi pemasaran yang akan dijalankan dengan karakter yang telah dimunculkan tadi, sehingga upaya dari perusahaan benar-benar dapat sampai ke target pasar dengan baik tanpa harus mengalami banyak distorsi.

Baca juga: Pentingnya Memilih Aplikasi Sales Lapangan yang Tepat untuk Bisnis Anda

6 Strategi Efektif Menjangkau Target Pasar

Dalam rangka menjangkau target pasar yang telah ditemukan melalui poin sebelumnya, Anda dapat menggunakan enam strategi berikut ini. Tentu, nantinya pemanfaatan strategi harus disesuaikan kembali dengan value yang dimiliki perusahaan, sehingga benar-benar tepat sasaran dan memberikan ROI sepadan.

Keenam strategi yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut.

1. Content Marketing Relevan dan Berkualitas

Konten yang bernilai menjadi kunci untuk menjangkau target pasar di era digital seperti sekarang ini. Value yang disematkan mulai dari informasi, menghibur, dan memberikan insight baru pada target pasar yang Anda tuju.

Anda dapat memanfaatkan berbagai bentuk konten digital yang sesuai dengan target yang ingin dituju. Misalnya saja Anda dapat menggunakan artikel di blog, kemudian infografis di media sosial, video singkat atau panjang, hingga kolase yang disusun sedemikian rupa. Optimasi konten untuk SEO kemudian perlu dimaksimalkan sehingga konten yang Anda buat mudah ditemukan di mesin pencarian.

2. Social Media Marketing

Strategi kedua adalah penggunaan social media marketing. Strategi ini dijalankan dengan memilih platform media sosial yang tepat sesuai dengan apa yang digunakan target pasar, kemudian membangun akun yang dapat berinteraksi dengan pasar secara intensif.

Untuk memaksimalkan jangkauan, pemanfaatan iklan berbayar juga dapat menjadi alternatif yang menarik agar audiens lebih luas dapat melihat materi promosi atau akun media sosial yang dikelola perusahaan secara langsung.

3. Search Engine Marketing

Selanjutnya adalah search engine marketing. Seperti nama strategi ini, langkah yang dilakukan adalah optimasi visibilitas perusahaan di mesin peramban. Metode yang digunakan kemudian adalah dengan memanfaatkan Google Ads atau platform iklan lain yang menampilkan materi iklan di hasil pencarian.

Targetkan kata kunci yang relevan dan diperoleh dari riset mendalam terkait produk dan layanan, serta dekat dengan pencarian yang dilakukan target audiens Anda. Lakukan optimasi pada iklan yang dipasang secara strategis agar memperoleh leads yang sesuai harapan.

4. Email Marketing

Dalam konteks pemasaran digital, mungkin email marketing menjadi salah satu metode paling klasik. Cara ini dilakukan dengan membangun daftar email dengan karakteristik yang jelas sehingga memiliki kualitas dan potensi yang tinggi untuk dikonversi.

Kirim materi email yang telah disusun dengan timing yang tepat pada pelanggan, sehingga mereka mendapatkan materi pemasaran secara langsung. Pada konteks lebih modern, terdapat cukup banyak tools yang dapat dimanfaatkan untuk otomatisasi proses ini.

5. Influencer Marketing

Berkebalikan dengan email marketing, strategi kelima ini dapat dikatakan sebagai metode paling kekinian. Pada dasarnya bisnis akan menjalin kerja sama dengan influencer yang relevan dengan target pasar untuk membantu promosi produk dan layanan.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah setiap influencer memiliki pengikut dengan karakter yang cukup spesifik, sehingga akan lebih mudah menjangkau target pasar yang diinginkan dengan melihat kategori follower atau audiens dari influencer yang akan digunakan.

6. Mobile Marketing

Terakhir adalah mobile marketing. Sebenarnya strategi pemasaran ini mengandalkan website dan berbagai konten yang Anda buat. Namun, pastikan dapat diakses dengan optimal dan disebarkan melalui perangkat mobile.

Iklan dan aplikasi mobile dapat dimanfaatkan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, dengan cakupan lokasi yang benar-benar menyeluruh.

Maksimalkan dengan 4 Strategi Memenangkan Pasar Berikut

target pasar
Sumber: freepik via freepik.com

Setelah mengetahui enam strategi untuk menjangkau target pasar yang Anda miliki, kini saatnya Anda mengoptimalkannya dengan empat strategi lanjutan untuk memenangkan pasar. Sederhana, tujuannya agar upaya pemasaran yang dilakukan menarik perhatian target audiens, dan dapat dikonversi menjadi leads dan penjualan yang riil.

Pertama, lakukan personalisasi. Kumpulkan data-data milik pelanggan dan gunakan data ini untuk memberikan pengalaman lebih persoal pada masing-masing kategori target yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini dapat membantu menyesuaikan rekomendasi produk, berbagai penawaran khusus, hingga konten yang disebarkan.

Kedua, buat pengalaman pelanggan yang luar biasa. Menyesuaikan dengan data yang diperoleh, Anda dapat menyusun customer journey yang mengesankan guna membentuk pengalaman pelanggan yang berkesan. Berikan layanan yang responsif dan solutif, dan ciptakan pengalaman pembelian yang menyenangkan pelanggan.

Ketiga, bangun kepercayaan dan kredibilitas. Tampilkan testimoni dan respon pelanggan yang Anda dapatkan untuk membangun kepercayaan dari pasar dan kredibilitas perusahaan. Pastikan juga Anda memiliki sertifikasi terkait produk yang dapat mendukung value produk di mata pelanggan.

Keempat, terapkan program loyalitas. Strategi keempat adalah menerapkan program loyalitas pelanggan. Apresiasi dapat diberikan dalam berbagai bentuk sehingga pelanggan terus melakukan pembelian berulang pada produk yang ditawarkan. Benefit ini bersifat sebagai dorongan agar loyalitas pelanggan terbentuk.

Pengukuran dan Evaluasi Hasil Upaya Pemasaran

Setiap strategi yang telah dijalankan dengan maksimal tentu akan membawa hasil yang ideal. Untuk mendapatkan ukuran pada hasil ini, Anda juga perlu melakukan proses yang sistematis dan objektif, sehingga nantinya hasil upaya pemasaran yang dilakukan dapat menjadi data berguna di masa depan.

  • Tetapkan key performance indicators yang ingin dicapai. KPI ini sifatnya sebagai acuan utama jika upaya dilakukan dengan baik maka capaian yang diperoleh ada pada angka tertentu.
  • Kemudian gunakan alat bantu atau tools analitik. Alat bantu ini dapat terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti Google Analytics, atau tools lainnya.
  • Lakukan penyesuaian dan perbaikan pada strategi yang belum menghasilkan output sesuai harapan. Semua ini tetap harus berdasarkan pada data yang diperoleh dari setiap upaya yang dilakukan.

Baca juga: Tips Memilih Field Sales App yang Tepat untuk Membantu Sales Motoris dan Perusahaan 

Pentingnya menentukan target pasar di era pemasaran digital ini jelas harus dipahami dengan baik oleh semua pebisnis. Meski menggunakan acuan strategi yang serupa, namun bentuk nyata eksekusi strategi ini dapat berbeda karena masing-masing bisnis memiliki keunggulan dan value unik yang juga tidak serupa.

Untuk memaksimalkan hasil pemasaran dan penetapan target pasar ini kemudian diperlukan effort maksimal dari setiap sisi. Sumber daya yang handal menjadi kunci, dan akan disempurnakan dengan tools dan sistem seperti yang ditawarkan Borong Field Sales App. 

Sistem dari Borong Indonesia ini dapat membantu Anda untuk memonitor kinerja dari field salesman yang bertugas, sekaligus membantu mereka dalam pelaksanaan tugasnya. Terintegrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan, Borong Field Sales App akan memberikan dukungan penuh pada upaya pemaksimalan target penjualan dari target pasar yang telah ditentukan. Rasakan langsung sekarang juga setiap kemudahan yang ditawarkan, dan ajukan demo produk Borong Indonesia!

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts